KOWANI Gelar Hari Kebaya Nasional 2024

Indoposnewsid_Melestarikan kebaya dilakukan dengan berbagai kegiatan. Misalnya yang digelar Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) dalam rangkaian acara Hari Kebaya Nasional (HKN) 2024.

KOWANI akan menyelenggarakan Hari Kebaya Nasional Tahun 2024 di Istora Senayan, Jakarta pada 24 Juli 2024. Kegiatan itu sebagai bentuk menjalankan amanat dari Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional.

Sejumlah kegiatan yang bakal dilaksanakan yaitu lomba kebaya, webinar, bincang-bincang bersama beberapa narasumber terkait, parade kebaya hingga menghadirkan bazaar UMKM.

Ketua Umum KOWANI Giwo Rubianto mengatakan pelestarian kebaya yang menjadi salah satu aset kekayaan budaya bangsa dapat menggerakkan perekonomian Indonesia.

“Melalui peringatan Hari Kebaya Nasional (HKN) 2024, perempuan Indonesia dan generasi penerus bangsa dapat terus bersinergi dalam melestarikan kebaya sebagai salah satu aset bangsa,” kata Ketua Umum KOWANI Giwo Rubianto Wiyogo dalam keterangan resmi.

Dengan mengenakan kebaya, seorang perempuan tidak hanya mengartikulasikan dirinya melalui pakaian, namun memiliki pemahaman yang luas akan identitas bangsanya.

Hal ini berkaitan dengan perekonomian karena dinilainya kebaya dapat mengintepretasikan keunikan Indonesia sebagai salah satu busana nasional di kancah global. Selain itu, pengenaan kebaya dapat menggaungkan nilai historis dari perjuangan perempuan Indonesia.

Giwo menuturkan dengan mengenakan kebaya, seorang perempuan tidak hanya mengartikulasikan dirinya melalui pakaian, namun memiliki pemahaman yang luas akan identitas bangsanya.

Hal ini berkaitan dengan perekonomian karena dinilainya kebaya dapat mengintepretasikan keunikan Indonesia sebagai salah satu busana nasional di kancah global. Selain itu, kebaya dapat menggaungkan nilai historis dari perjuangan perempuan Indonesia.