Ciputra Development Bagikan Dividen Rp 389 Miliar 

Indoposnewsid_PT Ciputra Development Tbk dengan kode saham CTRA  menyetujui pembagian dividen tunai kepada pemegang saham total sebesar Rp 389 miliar, atau Rp 21 per saham. Dividen tunai ini adalah 21% dari alokasi penggunaan laba bersih tahun buku 2023.

Hal itu diputuskan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diselenggarakan Rabu (19/6/2024) di Ciputra Artpreneur Jakarta.

Direktur Utama CTRA Candra Ciputra menyampaikan,  selama tahun 2023 CTRA berhasil mencatatkan rekor tertinggi marketing sales sepanjang sejarah perusahaan sebesar Rp10,2 triliun. Sementara pendapatan dan laba bersih tercatat masing-masing sebesar Rp9,3 triliun dan Rp1,8 triliun.

Pencapaian berhasil diraih karena adanya komitmen dari seluruh manajemen dan karyawan Grup Ciputra dalam meningkatkan performa kerja di tengah tantangan perekonomian.

“Selama tahun 2023 kami berhasil meluncurkan 3 proyek baru dan lebih dari 9 klaster/ruko baru di proyek-proyek yang telah berjalan. Gencarnya peluncuran proyek dan klaster ini karena kami terus berupaya untuk tetap agresif menjaga momentum pertumbuhan bisnis,” katanya.

Proyek baru yang telah diluncurkan yakni CitraGarden Serpong, Citra City Sentul dan CitraGarden Bintaro. Klaster baru yang diluncurkan selama tahun 2023 antara lain klaster Rochester Park – klaster Sentosa Cove – ruko Orchard Avenue di CitraLand Gama City Medan, klaster Pelican Hill – klaster Attic House – ruko One Arcade di CitraLand Surabaya, klaster Aeroville Extension – klaster Forris Private – ruko The Garden – ruko Aeroprime di CitraGarden City Jakarta, klaster Varenna dan Le Sentier di CitraRaya Tangerang, ruko C-Walk di CitraLand City Losari Makassar.

Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan CTRA Tulus Santoso menambahkan, marketing sales pada triwulan 1 – 2024 sebesar Rp3,3 triliun yang telah mencapai 30% dari target tahun 2024 yang ditetapkan sebesar Rp11,2 triliun. Pencapaian 30% ini lebih tinggi dibandingkan pencapaian pada triwulan pertama di tahun-tahun sebelumnya yang rata-rata sebesar 24%.

“Kami optimistis tren positif ini dapat diteruskan hingga mencapai target marketing sales tahun 2024. Faktor pendukung yang kami miliki antara lain karena Ciputra memiliki reputasi sebagai perusahaan yang baik dan terpercaya sehingga menjadi pilihan utama bagi pelanggan. Hal ini akan terus kami jaga dengan dukungan dari jajaran manajemen yang berpengalaman dan inovasi produk yang berkesinambungan,”jelasnya.

Sementara Head of Investor Relations CTRA Aditya Ciputra Sastrawinata menjelaskan untuk mendukung pencapaian target marketing sales tahun 2024, CTRA meluncurkan proyek baru dan juga klaster baru di proyek yang sedang berjalan.

Dari triwulan 2-2024 sampai akhir tahun, kami rencana akan meluncurkan 1 proyek baru, CitraLand Gresik Kota di Jawa Timur, dan berbagai peluncuran klaster dan ruko baru di proyek yang sedang berjalan seperti di CitraGarden Serpong, CitraLand Gama City Medan, Citra City Sentul, dan CitraLand Surabaya. Secara total sampai akhir tahun, kami rencana akan meraih antara Rp3,5 dan Rp4,0 triliun dari peluncuran-peluncuran baru tersebut, dan sisanya akan datang dari penjualan stok.

“Selain itu, kami juga akan memaksimalkan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP) yang berlaku hingga akhir tahun 2024,” kata Aditya.

 

Dampak pandemi covid 19 beberapa waktu lalu, juga berpengaruh pada marketing sales CTRA per Q1 2024 sedikit turun dari Rp 3,4 triliun di Q1 2023. Hal ini dipicu turunnya penjualan unit properti.Unit properti dengan harga Rp2-5 miliar memang mendominasi 54% total penjualan CTRA hingga Q1 2024

“Setelah pandemi, kelas bawah lebih sulit affordability-nya. Kita tidak bisa semata-mata langsung switc.Diversifikasi, menguntungkan perusahaan. Sehingga di masa yang berbeda, kita masih bisa memenuhi permintaan market,” kata Direktur CTRA Arthadinata Djangkar.(yer)