Tinjau Proyek Kali Semongol, Heru Didampingi Gibran

Indoposnewsid_Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meninjau proyek Kali Semongol, Kelurahan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, dan Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Jumat (28/6).

Dalam kunjungan tersebut turut hadir Wakil Presiden (Wapres) terpilih dalam Pemilu 2024 yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Pj Gubernur Heru memastikan aspek kesejahteraan warga dengan menjamin keamanan lingkungan dari risiko banjir dan kenyamanan tempat tinggal.

“Untuk meninjau aspek fisik, kami bersama Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Pak Wali Kota dan jajaran meninjau proses pengerukan Kali Semongol dengan kondisi trase yang ada, dan nanti akan dilanjutkan proses sheet pile (dinding penahan untuk memperkuat konstruksi). Harapannya, banjir bisa berkurang,” ujar Pj Gubernur Heru.

Heru turut membagikan seribu paket sembako untuk warga yang masing-masing terdiri dari lima kilogram beras, satu liter minyak goreng, dan 10 bungkus mi instan. Sembako tersebut merupakan sinergi dengan Yayasan Buddha Tzu Chi.

“Kami bersyukur, sinergi bersama Yayasan Buddha Tzu Chi menghasilkan sesuatu yang dibutuhkan masyarakat. Kami bersyukur warga semakin terbantu dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari,”katanya.

Sinergi tersebut juga menghasilkan aspek pembangunan fisik yang dibutuhkan masyarakat, yaitu hunian dan rumah ibadah.

Heru berharap, fasilitas fisik yang telah dibangun dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga setempat.

“Tadi kita juga sudah mengunjungi rumah warga yang telah mendapatkan bantuan rehab rumah atas nama Ibu Suinah (RT 02/04), Ibu Qomariah, dan Bapak Hapidin. Ketiganya berdekatan lokasinya. Lalu kami berjalan kaki kurang lebih 500 meter ke lokasi masjid dan Yayasan Pendidikan Nurul Islam (RW 01). Masjid dan sekolah ini pun mendapat bantuan rehab dari sinergi lintas stakeholder,” jelasnya.

Rumah warga di lingkungan RW 04 Kelurahan Kamal Muara yang mendapatkan bantuan bedah rumah dari Yayasan Buddha Tzu Chi.
Heru mengatakan Pemprov DKI Jakarta bersama Yayasan Buddha Tzu Chi berupaya untuk merenovasi rumah-rumah yang menjadi perhatian ada yang di Kamal Muara, Palmerah, Cempaka Putih, dan seterusnya.

Usai meninjau rumah warga, Pj Gubernur bersama jajaran langsung bergeser ke Masjid Jami Al Huda dan Yayasan Pendidikan Nurul Islam RW 01 Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan.

Di lokasi tersebut, ia juga membagikan bantuan seribu paket sembako cinta kasih hasil sinergi dengan Yayasan Buddha Tzu Chi untuk masyarakat.