Gandeng UEA, Kemenhub Jajaki Peluang Penerbangan ke Labuan Bajo

Indoposnewsid_Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, membahas peluang Uni Emirat Arab (UEA) untuk membuka rute penerbangan ke Bandar Udara Internasional Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menhub mengatakan bahwa berbagai infrastruktur telah dibangun dan dikembangkan di Labuan Bajo, termasuk Bandara Komodo yang saat ini menjadi gerbang transportasi udara di Pulau Flores, NTT.

“Ini dilakukan dalam rangka mendukung potensi wisata di daerah yang menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata Bali Baru,” ujarnya dalam pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Investasi UEA, Mohammad Alhawi, di Jakarta, Senin (9/9/2024).

Menhub berharap, Pemerintah UEA dapat mengembangkan konektivitas ke Bandara Komodo, sehingga Labuan Bajo akan semakin dikenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Sebagai informasi, selama ini kerja sama sektor transportasi antara Indonesia dan UEA terjalin dengan baik. Etihad Airways telah mengoperasikan penerbangan dari Abu Dhabi ke Jakarta dan Denpasar.
Indonesia juga telah menyetujui sebelas poin untuk penerapan codeshare domestik seperti yang diminta UEA, yang semakin membuka konektivitas dari UEA ke Indonesia.

“Saya senang dapat bertemu untuk membahas pengembangan kerja sama sektor transportasi antara Indonesia dan UEA. Saya juga ingin menjajaki pengembangan lebih lanjut kerja sama kita di luar sektor penerbangan dan mengundang UEA berpartisipasi dalam investasi infrastruktur transportasi,” imbuh Menhub.