Jak Japan Matsuri 2024, Festival Musim Panas khas Jepang

Indoposnewsid_Jak-Japan Matsuri (JJM) 2024 kembali digelar pada 14-15 September 2024 di Plaza Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. JJM 2024 menyuguhkan berbagai kesenian tradisional Jepang dan Indonesia.

Para pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas Jepang dan produk-produk unik dari berbagai daerah di Jepang.
Acara yang menarik diantaranya adalah Mikoshi. Menampilkan arak-arakan tradisional yang dipikul oleh puluhan orang dan biasanya ditampilkan pada festival musim panas di Jepang.

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi dalam keterangan resmi mengatakan bahwa persahabatan antara dua negara tercermin melalui persahabatan antar rakyatnya.

“Persahabatan dua bangsa dicerminkan oleh persahabatan antarrakyat. Inilah yang paling penting,” ujar Heri.

Festival tahunan ini tidak hanya menjadi sarana untuk mengenalkan budaya Jepang kepada masyarakat Indonesia. Sekaligus sebagai ajang untuk mempererat hubungan diplomatik dan pertukaran budaya yang telah terjalin sejak lama antara kedua negara.

Adanya Jak-Japan Matsuri, diharapkan persahabatan antara Indonesia dan Jepang semakin kuat, dan kedekatan kedua negara dapat terus berkembang di masa depan.

Menandai simbol persahabatan erat antara Indonesia dan Jepang. Acara ini merupakan perayaan budaya yang dihadiri oleh masyarakat dari kedua negara. Memperdalam hubungan yang telah terjalin lama.

Selain itu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi, menambahkan bahwa JJM tahun ini menjadi salah satu simbol persahabatan dan pertukaran budaya antara Jepang dan Indonesia.

Dengan tema Menjelajahi Jepang, acara ini menghadirkan berbagai produk unik dan khas Jepang, termasuk kuliner dan seni budaya dari berbagai prefektur seperti Aichi dan Fukuoka.

Masaki Yasushi juga menekankan bahwa Jak-Japan Matsuri yang pertama kali digelar pada 2009, telah menjadi ajang penting untuk mengembangkan persahabatan kedua bangsa. Setiap tahunnya, festival ini menjadi ruang bagi masyarakat Indonesia dan Jepang untuk saling berinteraksi, berbagi budaya, dan memperdalam ikatan.

Acara serupa, yaitu Matsuri Indonesia 2024, juga akan digelar oleh KBRI Tokyo pada 17-18 Oktober mendatang. Acara ini bertujuan untuk membawa budaya Indonesia ke Jepang dan memperkuat hubungan bilateral kedua negara.