Saat Pelantikan Presiden Naik MRT dan Transjakarta Hanya Rp 1 

Indoposnewsid_Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 akan digelar Minggu (20/10/2024). Sejumlah persiapan digelar seperti pesta rakyat di sepanjang Jalan Sudirman hingga kawasan Monas.

Untuk mendukung kelancaran acara, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memberlakukan tarif angkutan umum, seperti Transjakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta, menjadi hanya Rp 1 pada tanggal tersebut.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap menggunakan angkutan umum saat menghadiri kemeriahan pesta rakyat di sepanjang Jalan Sudirman hingga Monas,” ujar Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta.dalam keterangannya Jumat (18/10).

Ia menyampaikan, dengan adanya tarif spesial tersebut masyarakat diharapkan dapat meramaikan kawasan Sudirman-Thamrin tanpa harus khawatir dengan biaya transportasi.

Syafrin menjelaskan, kemudahan akses ke area perayaan akan mendukung kelancaran acara dan memastikan pesta rakyat benar-benar meriah karena terdapat 13 panggung hiburan yang siap menghibur masyarakat.

Syafrin menjelaskan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan langkah antisipasi dengan penyiapan layanan feeder service dari Transjakarta di Stasiun Manggarai untuk mengantisipasi membludaknya jumlah penumpang di stasiun-stasiun strategis.

Salah satu layanan ini disiapkan untuk membantu operasional KRL yang menuju Stasiun Gondangdia dan Sudirman.

“Kami harapkan sebagian penumpang KRL bisa menggunakan layanan Transjakarta, yang tetap dikenakan tarif Rp1 pada hari tersebut,” ucap Syafrin.

Ia menambahkan, dengan ribuan orang diperkirakan hadir dalam pesta rakyat ini, penggunaan angkutan umum diharapkan bisa mengurangi kemacetan dan mempermudah pengaturan lalu lintas.