Oleh :Antonius Tanan
Ketika kita berpikir jualan itu hanya untuk mendapatkan uang saja maka kita cenderung jadi penjual yang “merayu” hingga “memaksa” orang lain untuk membeli.
Sebagai akibatnya pelanggan bisa merasa terganggu dan bila membelipun itu terpaksa. Pasti akan menghindar untuk kali berikut.
Penjual yang cerdas memikirkan terlebih dahulu apa yang pelanggan butuhkan dan inginkan. Ia mencari tahu dulu siapa-siapa yang membutuhkan.
Lalu mencari kata dan kalimat yang tepat dan kreatif untuk menyampaikannya. Penjual yang seperti ini membawa solusi kepada pelanggan dan membuat pelanggan merasa dibantu.
Buka Usaha Bisnis Itu Memang Tidak Gampang
Namun percayalah bahwa itu dapat kita lakukan bila kita sudah mempersiapkan diri sebelumnya. Tidak ada seorangpun yang begitu lahir sudah bisa mengemudi motor atau mobil.
Kita bisa melakukannya karena belajar dan berlatih. Mari manfaatkan hari libur untuk belajar dan berlatih. Teruslah menjaga semangat dan harapan para pembelajar sekolah kehidupan
Memilih Nama Usaha Bisnis
Memilih nama usaha bisnis bukanlah untuk kepentingan dan kesenangan kita.
Jangan cari nama yang menyenangkan hati kita tetapi carilah nama untuk menyenangkan hati pelanggan.
Mudah diingat dan menyenangkan untuk diingatnya. Mari mulai pikirkan nama dari bisnis anda
Papan Nama Yang Kreatif
Kemarin saya sedang berada di kota Kuningan (Jawa Barat).
Saya bertemu dengan sebuah toko yang menjual barang-barang asesoris “murmer” (murah meriah). Dan pilihan nama tokonya pun tepat. Toko HEPI (Hemat Pisan)
Sebuah contoh kreativitas
***
Dr. Ir. Antonius Tanan, M.B.A.,M.Sc.,M.A :
-Pakar entrepreneurship Universitas Ciputra
-Independent Commissioner PT.Ciputra Development Tbk
-Pengasuh kelompok belajar Sekolah Kehidupan Entrepreneurship (SKE). Tulisan ini dilansir dari grup SKE.
Bacalah tentang entrepreneurship di link www.entrepreneurpos.com