Bank Mandiri dan KKP Kerjasama Salurkan KUR Sektor Perikanan

Indoposnewsid_Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkuat kolaborasi antar lembaga untuk untuk wujudkan Ekonomi Biru yang inklusif dan berkelanjutan.

Hal ini ditandai dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara KKP dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), POLRI, serta PT Bank Mandiri (Persero), Tbk di Jakarta, Senin (14/10).

“KKP tidak bisa bekerja sendiri dengan luasan Indonesia yang begitu besar, ada 17.504 pulau yang tidak bisa dijangkau secara manual. Kita juga sudah memiliki teknologi satelit, tapi tidak bisa menjangkau yang lebih detail lagi karena sedang dalam tahap pembangunan yang lebih baik lagi,” kata Menteri Trenggono.

Dijelaskannya, saling mendukung bersinergi dan kolaborasi dengan Lembaga-lembaga terkait seperti Bakamla, Kepolisian RI, BKKBN, lalu pendukung utama kita di sektor keuangan yaitu Bank Mandiri dapat mengatasi persoalan tersebut.

Menteri Trenggono juga menambahkan bahwa KKP telah mengimplementasikan lima arah kebijakan Ekonomi Biru. Yaitu memperluas kawasan konservasi laut, penangkapan ikan terukur berbasis kuota, pengembangan budi daya laut, pesisir, dan darat yang berkelanjutan, pengawasan dan pengendalian kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil. Serta pembersihan sampah plastik di laut melalui gerakan partisipasi nelayan yaitu bulan cinta laut.

Dengan Bakamla, KKP berkolaborasi terutama dalam pengamanan dan pengawasan sumber daya keluatan dan perikanan.

“KKP dan Bakamla telah menggelar patroli dan operasi bersama dalam rangka pengawasan dan pencegahan IUU Fishing serta penguatan pengawasan di laut dalam mendukung kebijakan penangkapan ikan secara terukur berbasis kuota,” jelas Menteri Trenggono.

Sedangkan KKP dan BKKBN bekerja sama mendorong konsumsi ikan keluarga di wilayah pesisir salah satunya untuk mencegah stunting.

KKP dan Bank Mandiri juga akan berkolaborasi untuk pemanfaatan produk dan pelayanan jasa perbankan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi masyarakat kelautan dan perikanan.

Serta program CSR dalam mendukung program Kampung Nelayan dan Kampung Budi Daya. Kerja sama KKP dengan POLRI meliputi bantuan pengamanan dan penegakan hukum sektor kelautan dan perikanan.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar mengungkapkan, kolaborasi ini  memberikan solusi finansial untuk berbagai sektor ekonomi di Indonesia. Terutama, sektor kelautan dan perikanan yang memiliki peran penting bagi perekonomian nasional.

“Sinergi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, kami berharap dapat memberikan solusi perbankan. Tidak hanya memperkuat sektor ini dari sisi finansial. Tapi juga mendorong adopsi teknologi dan praktek berkelanjutan di lapangan,” terang Alexandra dalam sambutannya.

Bank Mandiri berkomitmen untuk ikut serta dalam pemberdayaan nelayan, pembudidaya iklan, dan UMKM di sektor kelautan.

“Bank Mandiri siap mendukung inovasi teknologi kelautan yang ramah lingkungan, pengelolaan limbah perikanan yang berkelanjutan. Serta pengembangan pasar bagi produk-produk perikanan lokal agar lebih kompetitif di pasar internasional,” katanya.