Festival Urban Farming 2024

Indoposnewsid_Hartono membuka secara resmi kegiatan Festival Urban Farming Tahun 2024, yang diselenggarakan Dinas Ketahan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP).

Kegiatan itu digelar 17 – 19 September 2014 di Taman Ismail Marzuki (TIM), Kelurahan Cikini, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Heru mengapresiasi Dinas KPKP yang telah melaksanakan kegiatan festival urban farming. Menurutnya, wilayah Jakarta memiliki lahan yang terbatas dengan adanya pertanian perkotaan dapat memenuhi kebutuhan sayur mayur dan menjaga inflasi.

“Semoga kegiatan ini semakin memotivasi jajaran lurah dan camat membantu kebutuhan urban farming bersama masyarakat dengan memanfaatkan lahan yang selama ini belum maksimal untuk dimanfaatkan,” kata Heru dalam keteranganya.

Heru menambahkan, pada tahun 2030 mendatang proyeksi BPS memperkirakan populasi penduduk perkotaan akan mencapai 63,4 persen. Jumlah itu akan terus bertambah hingga tahun 2035 diperkirakan lebih dari 66 persen populasi akan memilih tinggal di wilayah perkotaan.

Karana itu, para camat dan lurah diharapkannya bisa berperan memaksimalkan lahan tersedia seperti, tepi waduk, banjir kanal, tepi jalan, dan kolong tol untuk urban farming.

Namun demikian, Heru mengingatkan agar pemanfaatan lahan itu juga melibatkan warga sekitar.

“Tidak hanya mengantisipasi inflasi dan membantu perekonomian, urban farming juga akan bermanfaat dalam mengentaskan stunting bagi warga di sekitar lokasi,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Heru juga memberikan bantuan sarana produksi pertanian untuk penataan kawasan. Kemudian memberikan bantuan sarana pengolahan hasil pertanian secara simbolis kepada lima perwakilan warga.