Indoposnewsid_Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta berkomitmen meningkatkan pelayanan di sektor pariwisata untuk mencapai target kunjungan 36 juta wisatawan pada 2024.
Guna mendukung itu, Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) turut fokus mengembangkan gaya hidup perkotaan (urban lifestyle) dalam memanjakan wisatawan.
“Destinasi yang dikembangkan yaitu urban lifestyle dan termasuk dasar pengembangan dari 17 subsektor ekonomi kreatif,” kata Plt Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Selatan Iffan Radja.
Menurutnya, Jaksel sendiri menjadi salah satu daerah yang banyak bermunculan destinasi “urban lifestyle” terutama kuliner, karena banyak bermunculan, apalagi setelah pandemi COVID-19.
Ia menjelaskan bahwa, 17 subsektor ekonomi kreatif mulai dari penerbitan (publishing) hingga kuliner, seperti aplikasi, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fesyen, film, animasi, video, fotografi, kuliner, musik, pengembangan gim, periklanan, seni pertunjukan, televisi dan radio dan kriya.
Iffan mengatakan bahwa kuliner menjadi yang paling krusial untuk dikembangkan, meskipun bidang ini sifatnya pulang pergi atau rural, namun perlu terus digarap dengan lebih matang
“Kuliner salah satu subsektor ekonomi kreatif yang 17 itu, tentu saja hal ini sangat ‘support’ untuk wisatawan, walaupun sifatnya rural,” katanya.
Untuk itu, kata Iffan, pihaknya secara menyeluruh meningkatkan destinasi wisata kuliner, taman dan semua yang berhubungan dengan “urban lifestyle” dalam memajukan pariwisata di daerah itu.Kalangan utama yang menjadi sasaran adalah usia aktif muda dan pekerja.