Hari Kebaya Nasional 2024, Tampilkan Koleksi Kebaya Tien Soeharto

Indoposnewsid_Puncak perayaan Hari Kebaya Nasional (HKN) 2024 digelar Kongres Wanita Indonesia (Kowani). Rangkaian acara Kowani Expo itu dihadiri Presiden Joko Widodo berlangsung di Istora Senayan, Jakarta 23 – 24 Juli 2024.

Ribuan kaum perempuan hadir kompak memakai kebaya. Tampak sejumlah artis, Puteri Indonesia, dan perancang busana Anne Avantie. Ia juga turut mengisi stan pameran kuliner restoran D’Kambodja miliknya. Menampilkan menu khas tradisional nusantara.

Selain parade busana kebaya, hiburan musik angklung di lokasi acara juga memamerkan sejumlah produk usaha UMKM karya perempuan Indonesia.
Selain itu, koleksi kebaya istri dari Presiden ke-2 Soeharto, Raden Ayu Siti Hartina atau yang akrab disapa Tien Soeharto bakal ditampilkan.

“Sebanyak delapan kebaya legendaris koleksi Ibu Tien akan ditampilkan. Kowani sudah melakukan audiensi dengan anaknya yakni Ibu Titiek Soeharto. Beliau sangat mengapresiasi pelaksanaan Hari Kebaya Nasional yang akan diselenggarakan untuk pertama kalinya ini,” kata Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo dalam keterangannya.

Dijelaskannya, delapan kebaya tersebut merupakan kebaya model kutu baru yang dipasangkan dengan kain wiron, sebuah kain batik yang salah satu ujungnya dilipat-lipat seperti kipas.

Momen tersebut menjadi peristiwa besar dalam sejarah kebaya adalah ketika digelar Kongres Wanita Indonesia X tahun 1964 di Istora Senayan, Jakarta. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Presiden Soekarno dengan peserta 7000 perempuan yang mengenakan kain kebaya.

Peristiwa bersejarah itulah yang kemudian menjadi dasar diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 19 tahun 2023 tentang penetapan Hari Kebaya Nasional. Dengan terbitnya Keppres tersebut, Kowani berkomitmen untuk terus menggaungkannya.

Untuk HKN 2024, Kowani juga bekerja sama dengan Kementerian pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) hingga komunitas kebaya. Mengadakan sejumlah rangkaian acara yang menarik bagi masyarakat.

Desainer kebaya Anne Avantie bersama Yuni Shara dan artis lainnya