Jelajah Kuliner Indonesia 2024

Indoposnewsid_Kementerian BUMN kembali menggelar Bazar UMKM untuk Indonesia, yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia serta mendukung promosi dan meningkatkan penjualan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Bazar UMKM untuk Indonesia yang digelar selama 3 hari, sejak tanggal 6-8 September di Sarinah Thamrin, Jakarta ini bertajuk Jelajah Kuliner Indonesia 2024.

Kegiatan ini didukung oleh 4 (empat) BUMN Penyelenggara, yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI), Garuda Indonesia, Jamkrindo, dan Freeport Indonesia.
Bazar UMKM untuk Indonesia 2024 diselenggarakan secara tematik di 12 kota di Indonesia.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting menyatakan, kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk membantu UMKM yang bergerak dalam sektor makanan dan minuman dalam memperluas pasar.

Meningkatkan penjualannya, tetapi juga sebagai upaya Kementerian BUMN untuk memperkenalkan dan melestarikan keanekaragaman kuliner nusantara.

Khususnya, kepada generasi muda yang saat ini digandrungi oleh berbagai jenis makanan dan minuman dari luar negeri.
Melalui bazar Jelajah Kuliner Indonesia ini, kita berharap generasi muda makin cinta dan bangga dengan makanan dan minuman khas Indonesia.

“Bahkan tidak itu saja, tapi juga mengkonsumsi dan membudayakan makanan dan minuman khas Indonesia di lingkungannya masing-masing,” ujar Loto Srinaita Ginting.

Sebagai event pembuka, pada 25-28 April 2024 lalu, Kementerian BUMN telah sukses menyelenggarakan Kelana Wastra Fashion Fest (KAWFEST) 2024, di Sarinah Thamrin, Jakarta.

Kemudian, dilanjutkan dengan Jelajah Kuliner Nusantara (JKN) 2024, yang diselenggarakan di Bandung (24-26 Mei 2024) dan Medan (31 Mei-2 Juni 2024), serta penyelenggaraan Herb Euphoria Fest 2024, yang diadakan di Jakarta (20-23 Juni 2024) dan Denpasar (27-30 Juni 2024).

Jelajah Kuliner Indonesia 2024 mengangkat tema Menjelajahi Rasa, Merayakan Budaya dengan menghadirkan lebih dari 100 UMKM binaan BUMN Penyelenggara.

Mereka akan menghadirkan kuliner otentik yang didatangkan langsung dari berbagai penjuru Indonesia, seperti Bebek Sinjay dari Bangkalan, Madura, Pecel Madiun Yu Gembrot dari Madiun, hingga kuliner khas Indonesia Timur, seperti papeda, dan menu menarik lainnya.

Selaku salah satu BUMN Penyelenggara, Akhmad Purwakajaya, Direktur Utama Jamkrindo menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Kementerian BUMN dan BUMN Group dalam memasarkan produk-produk UMKM Binaan BUMN agar lebih dikenal masyarakat.

Sementara menurut Jenpino Ngabdi sebagai Wakil Presiden Direktur Freeport Indonesia mengatakan bahwa pemberdayaan UMKM adalah kunci untuk menciptakan ekonomi yang berkelanjutan dan ini juga mencerminkan komitmen perusahaan terhadap tanggung jawab sosial, terutama mendukung pengembangan ekonomi lokal.

Selain itu Catur Budi Harto sebagai Wakil Direktur Utama Bank BRI berharap agar UMKM yang berpartisipasi dalam Jelajah Kuliner Indonesia 2024 dapat secara optimal memanfaatkan kegiatan ini sebagai ajang untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usahanya.