Komisi VII Apresiasi Pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia Tepat Waktu

Indoposnewsid_Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno menilai smelter yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) di Gresik secara tepat waktu dan lancar hingga memasuki masa beroperasi.

Eddy mengapresiasi PTFI yang telah mencapai tahap operasi sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama oleh pemerintah.

“Kami memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada PTFI yang telah mencapai tahap operasi sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama dengan pemerintah. Kami berharap proses ini berjalan lancar sampai dengan proses produksi di bulan Agustus dan stand up 100 persennya di bulan Desember 2024,” kata Eddy Soeparno dalam keterangannya.

Hal itu diungkapkannya saat kujungan ke area smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, Rabu (17/7/2024).

Selain itu, Politisi Fraksi PAN juga berharap output yang dihasilkan smelter freeport dapat memberikan manfaat yang optimal untuk mendukung hilirisasi mineral di Indonesia.

“Dengan berdirinya smelter freeport, output dan pemanfaatan hasil produk dari smelter freeport juga bisa dimanfaatkan dan dikelola di dalam negeri. pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian mengeluarkan kebijakan yang dapat mengakselerasi tumbuhnya industri-industri dalam negeri,” harap Eddy.

Selain itu, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas menjelaskan, terhitung Agustus mendatang sampai Desember akhir tahun 2024 smelter freeport Gresik ditargetkan dapat mengolah konsentrat hingga 400 ribu ton.

“Rencananya kami bisa mulai produksi pada Agustus 2024 mendatang dan setelah beroperasi penuh, kapasitas input smelter smelter freeport dan PT Smelting akan mampu memurnikan seluruh konsentrat tembaga PTFI di dalam negeri,” jelas Tonny.

Kiat Ria Ricis Bagikan Inspirasi Berkreasi Lewat Shopee Live dan Shopee Video Hingga Raih Keuntungan Maksimal.