Konser 10 Tahun Komunitas Biola Kota Tangerang, Refleksi Kebersamaan Lewat Aransemen Lagu

Sepuluh tahun atau satu dekade telah dilewati Komunitas Biola di Kota Tangerang. Komunitas tersebut menampilkan konser musik di Gedung Seni Budaya, Modernland,Kota Tangerang, Sabtu (28/9).

***
Konser musik itu membawakan komposisi aransemen khusus yang merefleksikan kebersamaan lewat lagu-lagu yang dibawakan.

Mulai dari Gending Sriwijaya karya Guruh Soekarno Putra, Di Bawah Sinar Bulan Purnama karya R. Maladi. Ada pula lagi Our Journey yang dipersembahkan khusus Ravi Arya Pamungkas sebagai komposer dalam konser istimewa malam itu.

Ketua Komunitas Biola Tangerang Agnes Konstati mengatakan konser musik yang diselenggarakan ini menjadi simbol harmonisasi yang selama ini menjadi spirit kreativitas para pegiat komunitas dalam satu dekade terakhir.

“Kami merayakan satu dekade usia komunitas ini dengan beragam kegiatan ya, ada diskusi, workshop, sampai konser di malam puncak ini. Istimewanya, konser nanti berkolaborasi dengan banyak pihak untuk membawakan beragam genre lagu, mulai dari klasik, daerah, sampai yang populer,” ujar Agnes.

Konser musik “Our Journey” juga menjadi ajang kolaborasi antara Komunitas Biola Tangerang dengan berbagai komunitas lainnya, seperti Tangerang Beat Box, Semanggi Foundation. Sampai UKM Seni dan Budaya Universitas Islam Syekh Yusuf (USB UNIS) untuk bersama-sama menghidupkan gairah kesenian di Kota Tangerang.

Ravi Arya Pamungkas, Music Director di konser malam itu mengatakan, ia juga membawakan komposisi lagu yang membawa pesan tanda perjalanan komunitas dalam satu dekade usianya.

“Jadi konsepnya nanti lagu-lagu yang dibawakan mewakili bagian beginning, challenge, reflection, joy, dan triumph, semuanya disenandungkan secara indah dan menghibur untuk penonton malam ini,” kata Ravi Arya.

Selain itu, Komunitas Biola Tangerang juga menggelar berbagai kegiatan lainnya seperti workshop, diskusi, sampai pameran yang diharapkan dapat menjadi wadah untuk mencetak musisi-musisi berbakat di Kota Tangerang.
Sementara itu konser itu juga dihadiri Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin.

Ia mengapresiasi atas perjalanan satu dekade komunitas biola. Di mana perayaan ini, menandai pencapaian besar dalam mempromosikan biola sebagai seni musik dan memperkaya kebudayaan lokal.

“Selama satu dekade, dedikasi dari Komunitas Biola menjadi kebanggaan bagi Kota Tangerang. Upaya mereka yang berkelanjutan dalam mengembangkan seni bermain biola, telah berkontribusi secara signifikan terhadap identitas budaya kota kita. Saya berharap komunitas ini terus berkembang dan menjadi bagian penting dalam pengembangan seni dan budaya di Kota Tangerang,” kata Nurdin.(dit)