LKM Panggang Wisata Bahari dan PHE ONWJ Gelar Pelatihan Selam di Kepulauan Pramuka

Indoposnewsid_Sebanyak 20 perwakilan pemuda di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, mengikuti pelatihan sertifikasi selam open water di perairan Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang.

Pelatihan yang diadakan sejak 20-22 Agustus diinisiasi Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Panggang Wisata Bahari bersama PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ).

Pengurus LKM Panggang Wisata Bahari, Ahmad Haerudin mengatakan, 20 peserta pelatihan ini berasal dari Pulau Panggang, Pulau Sabira dan Pulau Kelapa. Selama tiga hari para peserta diberikan materi kelas dan praktik dari pelatih selam profesional.

“Pelatihan selam ini untuk meningkatkan kompetensi masyarakat, sehingga mereka dapat mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya. Bahkan, dapat membuka peluang usaha kerja baru dalam sektor pariwisata dengan membuka scuba diving dan sebagainya,” kata Ahmad Haerudin dalam keterangannya.

Haerudin menambahkan, setelah lulus dari pelatihan ini, para peserta akan mendapatkan sertifikasi A1.

Sementara itu, Wakil Camat Kepulauan Seribu Utara, Yulihardi berharap, dengan banyaknya ahli penyelam maka akan terbuka peluang destinasi wisata bawah laut sehingga perekonomian warga pulau semakin meningkat.

“Kegiatan pelatihan menyelam ini juga dapat mendukung dari semua kegiatan pariwisata,” ungkapnya.

Comm, Rel, CID PHE ONWJ, Iman Teguh menambahkan bahwa pelatihan menyelam ini sangat dibutuhkan pemuda di Kepulauan Seribu. Pihaknya juga akan terus konsisten mendorong pertumbuhan perekonomian di wilayah Kepulauan Seribu.

“Mudah-mudahan pelatihan ini dapat bermanfaat untuk mereka, sertifikasi ini juga bisa menambah nilai saat mereka bekerja di lapangan,” katanya.