MotoGP Mandalika Berlanjut hingga 2027

Indoposnewsid_Pagelaran MotoGP di sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dipastikan berlanjut hingga 2027. Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Kerjasama itu menurutnya sebagai kemitraan pemerintah dengan Dorna Sport untuk menggelar MotoGP di Sirkuit Mandalika.

“MotoGP Mandalika akan terus berlanjut. Ini komitmen kemitraan pemerintah bersama BUMN Injourney dan Dorna Sport akan terus. Jadi MotoGP 2025, 2026, 2027 akan berlanjut,” kata Sandi.

Sandi juga meninjau pelaksaan balapan tersebut dengan mengunjungi sirkuit Mandalika didampingi Chairman MotoGP Mandalika Troy Reza Warokka (28/9).

Dijelasakan Sandi, keberlanjutan kemitraan antara pemerintah, BUMN Injourney serta Dorna Sport perlu didukung masyarakat untuk terus menyukseskan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Alasanya karena, bisa berdampak besar pda peningkatan pengunjung wisatawan ke Indonesia. Khususnya datang ke NTB.

“Diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi untuk mendukung kesuksesan MotoGP ini. Juga mendukung para wisatawan datang ke Indonesia dan NTB,” ujarnya.

Dalam ajang MotoGP sebelumnya, kehadiran ajang balap motor paling bergengsi di dunia mampu menciptakan lapangan kerja 2.000-3.000 orang per sekali kegiatan MotoGP.

Untuk tahun pertama dampaknya sampai Rp8 triliun. Sedangkan untuk tahun lalu total peningkatan ekonominya mencapai hampir 1 persen. Hal ini menandakan ajang ini layak untuk diteruskan dari segi skala ekonomi.

Sementara menanggapi soal hosting fee sebesar Rp231 miliar yang harus dibayarkan ke Dorna Sport. Hal itu menurutnya tidak ada masalah, karena semuanya sudah bisa dibayarkan.