Smart City Kota Tangerang Diadobsi Daerah Lain

Indoposnewsid_Transformasi digital dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang lewat Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE). Sistem tersebut telah diadobsi daerah lain di Indonesia.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Indri Astuti menjelaskan, Pemkot Tangerang telah memiliki dua aplikasi besar yaitu Super App Tangerang LIVE dan Super App Tangerang AYO.

Super App Tangerang LIVE merupakan aplikasi yang merangkul kebutuhan masyarakat Kota Tangerang dalam satu platform, terdiri dari 14 layanan dan 35 menu. Tercatat, Tangerang LIVE telah diunduh 1.158.331 akun dengan pengguna terverifikasi 455.072 akun.

“Kini, Super App Tangerang LIVE juga telah meraih penghargaan peringkat 1 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Banten dengan 50 kota dan kabupaten telah mereplikasi aplikasi Pemkot Tangerang ini,” ujar Indri dalam keterangannya.

Untuk Super App Tangerang Ayo, ini merupakan aplikasi yang merupakan integrasi dari beberapa aplikasi manajemen pemerintahan. Yang digunakan untuk membantu pegawai Pemkot Tangerang dalam melakukan pekerjaan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Super App Tangerang LIVE dan Tangerang AYO saat ini telah terintegrasi dalam 223 modul atau aplikasi yang dikelola secara mandiri oleh Pemkot Tangerang, melalui Diskominfo,” katanya.

Kata Indri, dalam layanan publik, Pemkot Tangerang terus berkomitmen melakukan berbasis elektronik dengan berbagai sumber daya.

“Mulai dari sumber daya aplikasi, infrastruktur, layanan, bahkan proses bisnis yang terintegrasi dengan berbagai instansi, baik pusat maupun daerah,” kaganya (dit)